Rumah Kita Berkarya Untuk Indonesia

0
371

ARTIKEL
“Mengapa Saya Ingin Menjadi Ketua Umum ILUNI UI PPs (SKSG-SIL)”

UNIVERSITAS INDONESIA adalah nama besar. Sebagai perguruan tinggi negeri ter-kemuka, UI memiliki ke-unggulan dalam berbagai bidang. UI menjadi salah satu universitas papan atas di Indonesia dan masuk dalam peringkat utama perguruan tinggi dunia.
Kesuksesan Universitas Indonesia berkat semua civitas akademika yang terlibat di dalamnya. Juga berkat peran pemangku kepentingan (stake-holders) yang selama ini bersinergi dengan UI. Salah satunya adalah peran dan karya alumni UI.
Kiprah alumni UI dalam berbagai bidang dan profesi tidak diragukan. Banyak alumni UI yang sukses berkarir di pemerintahan dan lembaga negara menduduki jabatan karir maupun jabatan politik. Banyak juga alumni UI yang sukses menjadi profesional/ wirausaha/ pebisnis yang mampu me-nyerap ratusan bahkan ribuan tenaga kerja. Banyak juga alumni UI yang berkarir dalam dunia seni, entertainment, dan industri kreatif. Dan tidak sedikit pula alumni UI yang berkiprah menjadi politisi, aktivis lembaga swadaya masyarakat, aktivis sosial, dosen, peneliti, polisi, tentara, dan profesi lainnya di dalam dan luar negeri.
UI adalah jaminan mutu. Para alumninya secara umum me-miliki keunggulan kompetitif. Begitu juga para alumni Program Pascasarjana UI — yang kini bertransformasi menjadi Sekolah Kajian Stratejik & Global (SKSG) dan Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) — tersebar luas di berbagai pelosok negeri dan dunia dengan beragam profesi dan prestasinya. Mereka banyak berkiprah berpartisipasi dalam pem-bangunan bangsa dan negara Indonesia.

Saya bangga menjadi alumni UI!

Mengapa saya ingin menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni Progam Pascasarjana (SKSG-SIL) Universitas Indonesia?
Saya ingin berkontribusi untuk membangun ILUNI UI PPs (SKSG-SIL) menjadi rumah besar para alumni untuk berkarya membangun alma-mater, masyarakat, dan Indonesia.
Caranya? Connecting People. Menghubungkan orang-orang dan memadukan potensi-potensi para alumni di berbagai bidang. Dengan membangun jejaring komunikasi para alumni, akan terjalin komunikasi aktif, untuk kemudian bersinergi dan berkolaborasi, serta bersama-sama peduli membangun universitas, bangsa, dan negara.
Misi saya adalah “Iluni UI PPs (SKSG-SIL) menjadi Rumah Kita Berkarya Untuk Indonesia. Untuk mewujudkannya, saya memiliki visi: Sinergi. Kolaborasi. Peduli.
Visi ini yang akan saya wujudkan dalam berbagai program kerja sejak tahun pertama bila saya mendapat amanah menjadi Ketua Umum ILUNI UI PPs (SKSG-SIL) periode 2019-2023.
Mencermati perkembangan ILUNI UI PPs dalam dua periode kepengurusan sebelum-nya, ILUNI UI PPs sukses membangun eksistensi dan konsolidasi organisasi. Periode pertama, adalah periode membangun eksistensi, dimana ILUNI UI PPs dari tiada menjadi ada, sehingga mendapat pengakuan secara legal formal dari induk organisasi ILUNI UI dan para alumni. Periode kedua, adalah periode konsolidasi organisasi. Sebagai organisasi yang masih terbilang baru, ILUNI UI PPs melakukan pembenahan organisasi internal, dan memulai mengumpulkan databased alumni yang selama ini tercerai berai. ILUNI UI PPs juga turut berperan dalam membangun eksistensi Program Pascasarjana UI termasuk dalam proses transformasi menjadi SKSG dan SIL.
Kini ILUNI UI PPs (SKSG-SIL) memasuki periode ketiga. Periode ini melanjutkan program-program baik yang sudah berjalan sebelumnya dan memperluas perannya baik kedalam maupun keluar.
Kedalam (internal), organisasi ILUNI UI PPs (SKSG-SIL) harus memperkuat soliditas, eksis-tensi, serta peran dan manfaatnya bagi alumni dan UI. Keluar (eksternal), organisasi ILUNI UI PPs (SKSG-SIL) saatnya mulai berkontribusi secara aktif dalam memberikan solusi-solusi bagi masyarakat, bangsa, dan negara.
Seiring dengan peran dan partisipasinya dalam pengembangan Universitas Indonesia, masyarakat dan bangsa Indonesia, ILUNI UI PPs (SKSG-SIL) harus menjadi entitas organisasi yang mandiri dan profesional, yang tidak hanya mampu menghidupi organisasinya sendiri, tetapi juga mampu berkontribusi bagi universitas, masyarakat, dan bangsa. Programnya antara lain endowment fund (dana abadi) ILUNI UI PPs (SKSG-SIL) dan unit usaha/kegiatan.

ILUNI UI Sekolah Pascasarjana Untuk Indonesia!

GUNTUR SUBAGJA
Alumni Universitas Indonesia
Program Pascasarjana/SKSG KTTI/EKS (2002-2005)

SHARE

LEAVE A REPLY