Membumikan Pancasila dengan Nasionalisme

0
375

Sharing dalam FGD Membumikan Pancasila, Identitas Budaya dan Bangsa yg diselenggarakan Forum Koordinasi Alumni Lintas Fakultas UI (Fokal UI), Selasa (7/5/19) sore hingga malam. Hadir dan sharing antara lain iluniers Rieke Diah Pitaloka, Tika Bisono, dan para aktivis kebangsaan yang menginginkan Indonesia kembali kepada Pancasila dan nilai-nilai luhurnya utk persatuan dan kesatuan Indonesia.
Bicara Pancasila sering terkesan jadul. Pancasila, yang disusun para founding fathers bangsa, perlu dikemas dalam konteks kekinian sehingga generasi milenial dan masyarakat luas dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sy tadi sharing antara lain membumikan Pancasila adalah membangun nasionalisme. Negara-negara lain maju karena nasionalismenya tinggi.
Implementasi Pancasila di bidang ekonomi adalah keberpihakan dan kedaulatan ekonomi. Misalnya Bulog harus membeli gabah petani dengan harga wajar, ketimbang impor.
Kita juga perlu campaign nasionalisme utk sawit Indonesia menghadapi persaingan dagang Eropa yg memboikot CPO Indonesia yg dinilai merusak lingkungan, padahal nyatanya sudah banyak yang memenuhi standar2 lingkungan hidup, dll.
Pemerintah kudu berpihak kepada ekonomi rakyat untuk memperkecil kesenjangan sosial. Kalo ekonomi baik dan kesenjangan berkurang, radikalisme akan berkurang.

Fokal UI akan menyelenggarakan Simposium Kebangsaan Alumni UI medio Mei 2019.
Universitas Indonesia akan menjadi motor untuk membangkitkan Pancasila sebagai ideologi, falsafah, dasar negara Indonesia.

#nasionalisme #pancasila #nkri #universitasindonesia #iluniuipps #iluniui
@iluniuisps @iluni.ui @univ_indonesia
https://www.instagram.com/p/BxKnfwrHd5P/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=6a3md31mif35

SHARE

LEAVE A REPLY