#Santripreneur Pesantren Rhaduatul Irfan Ciamis

0
402


#santripreneur Selesai kunjungan kerja bersama Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Jawa Barat dan berdialog dg pengelola korporasi petani, pelaku industri pariwisata, serta pelaku UMKM di Kabupaten Pangandaran, Jumat – Sabtu (7-8/12/2020, malamnya saya berkesempatan silaturahmi dan sharing di Pesantren Raudhatul Irfan yang dipimpin Dr Irfan Sholeh di Ciamis, Jawa Barat. Pesantren ini fokus pada pengembangan SDM santri yang menguasai ilmu agama, bahasa inggris, dan entrepreneurship.

Saya juga menyampaikan konsens Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin yang sangat konsens pada pengembangan santri dan pesantren. Pak Jokowi sejak 2015 sudah menetapkan Hari Santri Nasional setiap tanggal 22 Oktober, dan pada 2019 melahirkan Undang Undang Pesantren, UU Nomor 18/Tahun 2019. Dalam UU tersebut fungsi pesantren selain lembaga pendidikan dan dakwah, juga sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat.
Wakil Presiden KH Maruf Amin sedang gencar membangun ekonomi umat l, UMKM, dan ekonomi syariah termasuk ekonomi berbasis pesantren. Pada Hari Santri 2020, Pak Wapres mencanangkan Akselerasi Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pesantren. Pesantren akan menjadi hub pengembangan ekonomi rakyat dan motor penggerakan ekonomi masyarakat.

Para santri siswa SMP dan SMA sangat antusias berdiskusi mengenai kewirausahaannya. Mereka adalah masa depan bangsa, calon-calon pemimpin masyarakat dan pengusaha sukses.

#santri #kewirausahaan #ciamis #umkm #entrepreneurship, #indonesiamaju

SHARE

LEAVE A REPLY