Ketum Intani: Kegiatan Ekonomi Gotong Royong Bisa Menjadi Kekuatan Ekonomi Nasional

0
336

JAKARTA – Pertanian bisa menggerakan lima sektor strategis mulai dari pangan, industri kesehatan, industri kecantikan, pariwisata dan energi terbarukan seperti yang sering disampaikan ketua Umum Intani, Guntur Subagja.

“Menyadari potensi besar dari pertanian, kami di Intani mengembangkan dengan pendekatan social enterprise yang bisa memberikan 3 manfaat besar,” terang Guntur saat menyampaikan pengantar kegiatan webinar inspirasi bisnis Intani seri ke 93, Rabu (3/11/2022).

Manfaat yang dimaksud yaitu memperoleh profit yang sebesar-besarnya baik itu secara materil maupun dampak sosial bagi masyarakat sekitar serta sustain atau berkelanjutan kegiatan ekonominya yang sejalan dalam melestarikan lingkungan.

Guntur mengatakan sharing ekonomi atau kegiatan ekonomi gotong royong yang melibatkan banyak pihak memiliki manfaat yang sangat besar. “Ekonomi gotong royong yang di inspirasi Founding Father kita dan populer hingga kini, tinggal bagaimana kita mengaplikasikan untuk menjadi kekuatan ekonomi nasional,” ujarnya.

Seperti yang dilakukan Dedek Setia Santoso, narasumber webinar inspirasi bisnis Intani yang juga pemilik dari DD Orchid Nursery yang menjalankan bisnis anggreknya dengan model gotong royong. Mebina hingga 108 petani, memiliki 30 karyawan tetap hingga menggerakan masyarakat desa Dadaprejo untuk mengelola Kampung Eduwisata Anggrek.

“Inilah contoh nyata dalam mengaplikasikan kegiatan ekonomi gotong royong, tidak hanya sekadar mengelola usaha agrobisnis tetapi juga memberikan dampak sosial bagi masyarakat desa sekitar,” terang Guntur yang juga asisten staf khusus Wapres RI.

Anggrek memang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi dan harganya relatif stabil dibanding jenis tanaman hias lainnya. “Jadi selain keunggulan nilai ekonomi, anggrek Indonesia memiliki ke khasan tersendiri dibandingkan spesies dari negara lain. Bahkan Indonesia memiliki 5.000 spesies anggrek dari 43.000 spesies anggrek yang tersebar di dunia,” jelas Guntur.

Pada penutupnya Guntur kembali mengajak para stakeholder terkait untuk menduplikasi model bisnis ini pada sektor pertanian lainnya, agar tercipta pemerataan ekonomi nasional di desa-desa.

“Kita memiliki 83.000 desa dan bonus demografi, maka hal ini harus kita optimalkan agar kegiatan ekonomi tidak hanya terpusat di kota-kota besar saja,” tutupnya.

Kegiatan webinar inspirasi bisnis Intani series ditayangkan streaming di TANITV setiap Rabu pukul 09.00 sampai 11.00 WIB.*

LEAVE A REPLY