Hilirisasi Pertanian Harus Berbasis Kearifan Lokal

0
763

Hilirisasi pertanian harus disesuaikan dengan kearifan lokal (local wisdom) Nusantara.

Indonesia memiliki harta karun keragaman hayati (bio diversity). Beragam jenis species tanaman, hewan, yang bersumber dari bumi dan laut sangat banyak. Bila potensinya dieksplor dan dikembangkan dengan ilmu dan teknologi (science) akan menjadi kekuatan bangsa Indonesia. Tentu, dengan pendekatan ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Sumber daya pertanian pangan, hortikultura, serta perikanan dan maritim sangat besar.

Minggu, 20 Agustus 2023, saya hadir sebagai narasumber dalam Seminar Tim Pengendali Inflasi Daerah Provinsi Kalimantan Utara yang diselenggarakan @bank_indonesia di Tarakan, Kalimantan Utara. Hadir kepala dinas tingkat provinsi dan lima kabupaten/kota di kawasan yang berbatasan dengan Malaysia ini.

Potensi Kalimantan Utara dalam sektor perikanan dan maritim. Ikan tangkap, ikan budidaya, dan rumput laut menjadi komoditas unggulan dan mata pencaharian sebagian besar masyarakat Kaltara.

Karena itu, hilirasi pertanian di Kaltara yang sangat potensial dikembangkan adalah perikanan dan maritim. Namun bukan hanya hilirisasi produk, tapi ekosistemnya harus dibangun terintegrasi dari hulu ke hilir. Ini juga perlu didukung sumber saya manusia Terma yang unggul dan kompeten dalam bidangnya.

@intani.id Intani Kaltara siap berkolaborasi dengan Bank Indonesia, pemerintah daerah, industri, komunitas, dan pernguruan tinggi, untuk mengembangkan potensi peetanian dan perikanan Kaltara. Termasuk meningkatkan kapasistas sumber daya manusia, khususnya para petani milenial.

#intani #bankindonesia #provinsikalimantanutara #tarakan #bulungan #nunukan #pertanian #perikanan #maritim #sahabatpetaninelayan #hilirisasipeetanian #nusantara #indonesia

SHARE

LEAVE A REPLY